RPP dan LKPD Berbasis Etnomatematika
Mahasiswa telah melakukan observasi di Kompleks Masjid Gedhe Mataram, selanjutnya mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis etnomatematika. Berikut sekilas RPP dan LKPD yang dibuat mahasiswa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP N
3 Godean
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / 1
Materi Pokok : Segiempat dan Segitiga
Alokasi Waktu :
2 JP (2 x 40 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena, dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
3.11
|
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk
berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar
genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga |
3.11.1 |
Membedakan
berbagai jenis segi empat dan segitiga |
3.11.2 |
Menentukan keliling berbagai jenis segi empat |
||
3.11.3 |
Menentukan luas berbagai jenis segi empat |
||
3.11.4 |
Menentukan keliling segitiga |
||
3.11.5 |
Menentukan luas segitiga |
||
4.11
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat,
jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga |
4.11.1 |
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling segiempat |
4.11.2 |
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segiempat |
||
4.11.3 |
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling segitiga |
||
4.11.4 |
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga |
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
Materi Pokok : Segi Empat dan Segitiga
Pokok Bahasan : Keliling dan Luas Persegi
Panjang
Kelas : VII
Hari / Tanggal :
..............................................................................
Nama :
1.
2.
3.
3.11 Mengaitkan
rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang,
belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi,
persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang)
dan segitiga
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menentukan keliling persegi panjang
2. Peserta
didik dapat menentukan luas persegi panjang
3. Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling persegi
panjang
4. Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas persegi panjang
Petunjuk
- Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang ada
- Diskusikan dan kerjakan setiap kegiatan dan pertanyaan sesuai petunjuk
- Tuliskan jawaban pada kolom jawaban
- Jika menemui kesulitan atau terdapat petunjuk yang kurang jelas, bertanyalah pada guru
RPP dan LKPD lengkap dapat dilihat pada link berikut