RPP dan LKPD Berbasis Etnomatematika

    Mahasiswa telah melakukan observasi di Kompleks Masjid Gedhe Mataram, selanjutnya mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis etnomatematika. Berikut sekilas RPP dan LKPD yang dibuat mahasiswa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                       : SMP N 3 Godean

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas / Semester          : VII  / 1

Materi  Pokok              : Segiempat dan Segitiga

Alokasi Waktu            : 2 JP (2 x 40 menit)

 

A.  Kompetensi Inti

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena, dan kejadian tampak mata.

4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.11           

Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

 

3.11.1    

Membedakan berbagai jenis segi empat dan segitiga

3.11.2    

Menentukan keliling berbagai jenis segi empat

3.11.3    

Menentukan luas berbagai jenis segi empat

3.11.4    

Menentukan keliling segitiga

3.11.5    

Menentukan luas segitiga

4.11         

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

4.11.1    

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling segiempat

4.11.2    

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segiempat

4.11.3    

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling segitiga

4.11.4    

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga

 


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK


Materi Pokok              : Segi Empat dan Segitiga

Pokok Bahasan           : Keliling dan Luas Persegi Panjang

Kelas                           : VII

Hari / Tanggal             : ..............................................................................

Nama                           : 1.

                                      2.

                                      3.


Kompetensi Dasar

3.11     Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

4.11  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik dapat menentukan keliling persegi panjang

2.    Peserta didik dapat menentukan luas persegi panjang

3.    Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling persegi panjang

4.    Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas persegi panjang

 

Petunjuk

  1. Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang ada
  2. Diskusikan dan kerjakan setiap kegiatan dan pertanyaan sesuai petunjuk
  3. Tuliskan jawaban pada kolom jawaban
  4. Jika menemui kesulitan atau terdapat petunjuk yang kurang jelas, bertanyalah pada guru

 

RPP dan LKPD lengkap dapat dilihat pada link berikut

RPP Berbasis Etnomatematika

LKPD



Postingan populer dari blog ini

UYON-UYON

CERKAK

RESENSI NOVEL HUJAN