Mengenal Artikel Ilmiah, Cara Menulis dan Menelusuri
Refleksi 4
Kamis, 23 September 2021
Mengenal Artikel Ilmiah, Cara Menulis dan Menelusuri
Pandemi COVID-19 masih
berlangsung hingga saat ini. Warga yang positif atau terpapar virus sudah mulai
berkurang dan level PPKM mulai diturunkan, meski begitu hendaknya jangan pernah
lengah menjaga protokol kesehatan. Selain itu, sebagai salah satu cara mencegah terpaparnya virus dan supaya
memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik, vaksinasi penting untuk dilakukan
tentunya diimbangi juga dengan menjaga kesehatan dan gerakan hidup sehat.
Ketika tidak dalam keadaan benar – benar sehat, lebih baik di rumah saja
sehingga tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
Pendidikan merupakan
hal yang penting apalagi di era yang semakin maju seperti saat ini. Melalui
pendidikan, sebuah negara dapat membangun generasi penerus yang lebih baik
sehingga dapat memperbaiki kualitas negara itu sendiri. Sebagai mahasiswa yang
kini berada ditingkat akhir, baiknya segera menyelesaikan kuliah dan
melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Apabila memiliki kegiatan disamping
kuliah, tetap kerjakan dengan baik tetapi jangan sampai mengganggu yang utama.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hasil PISA Indonesia 2018,
pendidikan orang tua terutama ibu berpengaruh terhadap capaian matematika
anaknya. Semakin tinggi pendidikan orang tua semakin tinggi pula capaian
matematika siswa.
Topik pertemuan kali
ini adalah penelitian etnomatematika untuk itu perlu adanya pengetahuan tentang
bagaimana menulis artikel maupun karya ilmiah yang baik. Berdasarkan panduan
penulisan dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan terdapat ketentuan sebagai berikut
:
a. badan
artikel berjumlah 5000 – 8000 kata
b. penulisan
judul tidak boleh lebih dari 13 kata
c. penulisan
nama penyusun menggunakan nama lengkap tanpa gelar, disertai nama institusi
atau lembaga asalnya dan email.
d. bagian
abstrak memuat latar belakang, tujuan, metode, serta simpulan utama
e. persentase penulisan bagian pendahuluan kurang lebih 20%, 10% atau 15% pada bagian metode, dan minimal 60% dari keseluruhan badan artikel untuk hasil dan pembahasan.
Contoh mengidentifikasi artikel
Jurnal – jurnal yang
terakreditasi dapat diakses melalui SINTA (Science
and Technology Index) dan Garuda (Garba Rujukan Digital). Terdapat enam
peringkat pada SINTA yaitu S1, S2, S3, S4, S5, dan S6, sebagai contoh untuk S1
terdapat Journal on Mathematics Education, International Journal of Evaluation
and Research in Education (IJERE), dan seterusnya. Portal Garuda dapat
digunakan untuk mencari artikel terkait topik tertentu dan filter dapat diaplikasikan
untuk mendapatkan artikel sesuai kebutuhan. Kedua web ini dapat dieksplorasi
lebih lanjut untuk mencari referensi ketika membuat artikel ilmiah.
Artikel yang ditampilkan
Rizki, H.T.N dan Frentika, D. (2021). Etnomatematika dalam Budaya Barapan Kebo Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. JRIP : Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. 1 (2), 252 – 264.
Postingan ini dapat diakses pada link berikut